Trending

Wali Kota Apresiasi YKI Banjarmasin Gencarkan Edukasi Deteksi Dini Mencegah Kanker

SEMINAR - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK yang juga Ketua YKI Banjarmasin Hj Wasilah memberikan nasi Astakona kepada Ketua YKI Pusat.(pemko banjarmasin)

 

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina memberikan apresiasi atas peran aktif Yayasan Kanker Indonesia (YKI) memberikan edukasi kepada masyarakat melakukan deteksi dini pencegahan kanker.

Memberi sambutan pada pembukaan seminar dalam rangka peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) tahun 2024, Sabtu (24/02), menurut Wali Kota jika deteksi kanker secara dini mulai diterapkan oleh masyarakat, tentunya berdampak pada penurunan angka penderita penyakit mematikan tersebut secara perlahan.

Seeminar digelar, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Banjarmasin di mengambil tema Menutup Kesenjangan Perawatan ( Close The Care Gap).

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta itu diharapkan dapat mengurangi kesenjangan terhadap pelayanan pasien kanker.

“Misalnya kanker diketahui saat stadium dini, itu besar kemungkinan bisa sembuhnya, ketimbang kanker yang diketahui sudah stadium lanjut,” jelas Ibnu Sina.

BACA JUGA: Kapolresta Banjarmasin Kunjungi Personel dan Anggota KPPS Sakit Pasca Pemilu

Menurutnya, seminar AWAM ini bertujuan agar masyarakat umum lebih mengetahui upaya yang dilakukan dalam mencegah kanker. “Baik itu upaya dari pemerintah, maupun upaya pribadi yang bisa dilakukan,” katanya.

Deteksi dini terhadap kanker ini, bebernya lagi, sangatlah penting, karena jika kanker sudah terdeteksi, maka akan cepat pula mengatasinya, dan pemerintah kota telah berupa membantu masyarakat menanggulangi penyakit tersebut, diantaranya dengan menyediakan mobil layanan. 

“Kita punya mobil terhadap layanan kanker ini. Mobil layanan yang kita punya ini untuk menjemput para pengidap kanker agar mereka mau berobat,” ujarnya.

Pempimpin Kota berjuluk Seribu Sungai ini berharap, dengan kegiatan seminar ini, nantinya dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang kanker kepada masyarakat, khususnya warga Kota Banjarmasin. 

“Kami berharap dengan kegiatan seminar awal ini, nantinya semakin banyak masyarakat yang paham tentang bagaimana mengangkat dan menghadapi kanker yang merupakan penyebab kematian di seluruh dunia,” harapnya.

Turut hadir Ketua YKI Cabang Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti, Ketua DWP Kota Banjarmasin, Rusdiati, Ketua Umum YKI, Prof Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM,FACP, dan Ketua YKI Cabang Koordinator Kalimantan Selatan, Dr.dr. Ika Kustiyah. (pem/fzl)

BACA JUGA: Komisi III DPRD Kalsel Kaji Soal Angkutan Darat ke Jatim TCC

Lebih baru Lebih lama