Trending

Berikan Layanan Prima, Kades Manusup Konsisten Galakkan Program Posyandu



BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Sebagai upaya konsisten memberikan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat, salah satunya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang siap memberikan layanan dasar untuk memantau dan meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada kelompok balita (anak usia 0-5 tahun) dan ibu hamil di Indonesia. 

Hadir dalam acara tersebut Camat Mantangai Yubdery, Kepala Desa Manusup Rinto, Ketua TP PKK, Bidan Desa, dan petugas kesehatan. 

Desa Manusup sudah menerapkan posyandu terintegritas yang merupakan kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak, yang dilakukan secara koordinatif dan terintegrasi serta saling memperkuat antar program adanya posyandu terintegrasi.

Hal ini akan semakin mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Dimana kegiatannya dilaksanakan satu atap pelayanan posyandu, antara lain, posyandu balita,  posyandu kelas ibu hamil, (Bumil), posyandu remaja (posrem), posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kepala Desa Manusup, Rinto juga memberikan semangat kepada seluruh kader yang telah membantu sehingga terlaksananya  kegiatan ini, dan saling membantu, mengingatkan. 

"Kepada seluruh ibu-ibu lansia, balita yang hadir untuk tidak bermalas-malasan dalam memeriksakan kesehatan balitanya, melihat tumbuh kembang anaknya, dan kepada lansia untuk pemeriksaan dini," ujar Rinto, Rabu (15/5/2024).

Selain itu, ia  menyinggung soal stunting yang menjadi masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

"Alhamdulilah kami pemdes Manusup bersama kader dan juga tim kesehatan puskesmas telah mensosialisasikan tentang stunting tersebut dan telah memberikan makanan makanan bergizi untuk pencegahan stunting kepada balita yang ada di desa Manusup," pungkas Rinto. (ags/fs)

Lebih baru Lebih lama