Trending

BNI Akan Sediakan Layanan Jasa Perbankan Terintegrasi di IKN


MOU - Sinergi dengan Otorita IKN, BNI akan sediakan layanan jasa perbankan terintegrasi. (istimewa)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Produk Layanan Jasa Perbankan di Otorita IKN.

Penandatanganan MoU dilakukan Direktur Network and Services BNI Ronny Venir dan Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya, di Grha BNI Lantai 33, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2024).

Penandatanganan MoU ini memperkuat kerja sama BNI dengan Otorita IKN dalam menyediakan layanan produk jasa perbankan yang terintegrasi.

Ronny Venir menyampaikan, tujuan penandatanganan MoU ini adalah untuk meningkatkan sinergi dalam memenuhi kebutuhan transaksi perbankan antara BNI dan Otorita IKN.

"BNI berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan layanan transaksi keuangan untuk kebutuhan Otorita IKN yang efektif, efisien, dan akuntabel sesuai dengan perkembangan di era digital," ujar Ronny.

Adapun kerja sama tersebut meliputi layanan penyaluran dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kemudian pemberian fasilitas kredit konsumer untuk pegawai/pensiunan, pemasangan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan penggunaan fasilitas Integrated Cash Management.

Selain itu, BNI juga memberikan layanan penyimpanan dan pengelolaan dana dalam bentuk produk-produk perbankan.

Antara lain deposito, giro, dan/atau tabungan, pengelolaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), pembayaran gaji pegawai (payroll), Kartu Kredit Pemerintah, Kartu Multifungsi, hingga sosialisasi dan edukasi produk layanan perbankan.

Selain MoU ini, BNI bersama-sama dengan Otorita IKN dan Kementerian PUPR juga telah mengadakan kegiatan Focus Group Discussion dengan tema, “Solusi Digital dalam Pengelolaan Ekosistem Gedung, Kawasan dan Perkotaan di Ibu Kota Nusantara” pada Maret 2024.

Acara bertujuan untuk bertukar pikiran dan merumuskan solusi digital dalam rangka menjadikan gedung, kawasan dan perkotaan di IKN menjadi sebuah smart city yang berkelanjutan dan berkualitas.

Harapan Ronny, semoga kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara BNI dan Otorita IKN dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan dengan kerja sama-kerja sama lainnya.

“Sehingga memberikan banyak manfaat bagi pembangunan IKN dan mewujudkan visi Indonesia untuk memiliki ibu kota negara yang modern, terintegrasi, dan berkelanjutan," pungkas Ronny. (bis/sun)

Lebih baru Lebih lama