Trending

Pemberangkatan Gelombang II Dimulai, Jamaah Haji Kloter 09 Banjarmasin Kenakan Ihram Sejak di Embarkasi


PELEPASAN- Pelepasan jemaah haji gelombang kedua Embarkasi Haji Banjarmasin oleh Kakanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin, Jumat (24/05/2024). 

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Pemberangkatan jamaah haji gelombang kedua Embarkasi Banjarmasin dimulai pada 24 Mei hingga 10 Juni 2024. 

Pemberangkatan gelombang kedua Embarkasi Banjarmasin dimulai oleh kelompok terbang (Kloter) BDJ 09 yang berasal dari Kabupaten Tabalong.

Disambutannya Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H.Muhammad Tambrin M..Pd selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin mengatakan jamaah haji Kloter BDJ 09 merupakan jamaah yang diberangkatkan di gelombang kedua yang langsung menuju Mekkah Al Mukarramah, dan semua jamaah sudah mengenakan pakaian ihram sejak di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

“Mulai sekarang  siapkan diri untuk berihram,” pintanya.

Tambrin mengatakan jamaah haji Kloter BDJ 09 berjumlah 315 jamaah dan 5 petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah dan Tenaga Kesehatan Haji Indoensia (TKHI) yang terdiri dari 1 orang dokter dan 2 perawat yang menyertai jamaah dibantu petugas haji daerah (PHD). 

“Ikuti aturan dan petunjuk dari petugas Kloter yang menyertai jamaah, supaya semuanya kompak dan terkoordinasi. Taati dan ikuti juga arahan dan petugas dari ketua rombongan dan ketua-ketua regu yang telah ditunjuk,” kata Tambrin. 

Pada Kloter BDJ 09 kata Tambrin ada 13 jamaah lanjut usia yang menggunakan kursi roda, sesuai tagline Haji 2024 Haji Ramah Lansia, untuk itu bantu dan kawal bersama-sama jamaah lansia yang memakai kursi roda.

“Mudah-mudahan selesai pelaksanaan rangkaian ibadah nanti mereka semua sehat dan tidak lagi menggunakan kursi roda,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya jamaah haji Kloter BDJ 09 akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor pada tanggal 24 Mei 2024 pukul 01.15 Wita dan direncanakan mendarat di King Abdul Aziz International Airport Jeddah tanggal 24 Mei 2024 pukul 09.30 WAS.  

Tambrin berpesan kepada jamaah agar selalu meminum air seteguk dua teguk setiap jamnya untuk menghindari dehidrasi, mengingat cuaca saat ini di Arab Saudi mencapai 40 derajat, dan pada siang hari hindari paparan cahaya matahari secara langsung dengan menggunakan alat pelindung diri.

“Bagi jamaah laki-laki agar berhati-hati, jangan sampai menggunakan penutup kepala dengan apapun karena sedang berihram,” katanya.

Selaku Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin Tambrin mengucapkan selamat jalan, selamat menunaikan ibadah haji. 

“Semoga mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT untuk mendapatkan umrah dan haji yang mabrur. (nt/sun)

Lebih baru Lebih lama