Trending

Komisi IV Akan Terapkan Model Kesra Jabar di Kalsel untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Banua

BANDING - Komisi IV DPRD Kalsel kaji banding mengenai kesra ke DPRD Jawa Barat.

BANUATODAY.COM, JAWA BARAT - Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar kaji banding ke DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) terkait program kesejahteraan rakyat (kesra), Selasa (8/5/2024).

Selaku pimpinan rombongan, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, H. M. Lutfi Saifuddin, S.Sos., dalam pengantarnya menerangkan bahwa kedatangan mereka ke DPRD Jabar salah satunya untuk mencermati bagaimana DPRD Provinsi Jawa Barat bisa melakukan upaya akseleratif untuk membuat pemerintah provinsi bisa turut serta memberikan dukungan anggaran terhadap peningkatan pendidikan keagamaan.

“Pendidikan keagamaan ini seperti pondok pesantren serta fasilitasi perguruan tinggi misalnya, karena selama ini kerap terbentur oleh persoalan kewenangan,” tuturnya.

Dr. Abdul Harris Bobihoe, S.Sos., M.Si., Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidang urusan kesejahteraan rakyat menyambut rombongan ‘Dewan Rumah Banjar’. Dalam pertemuan ini ia menerangkan bahwa DPRD Jabar mengalokasikan anggaran untuk pemberian hibah ke sekolah keagamaan seperti pesanten melalui kerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jabar.

“Kemudian untuk pendidikan di perguruan tinggi Jawa Barat menyediakan beasiswa bagi masyarakat yang menempuh pendidikan S1, S2, mapun S3 dengan membangun kerja sama dengan perguruan tinggi negeri yang ada di Jawa Barat maupun di luar Jawa Barat,” ujarnya.  

Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel kedepannya berharap Provinsi Kalimantan Selatan dapat mereplikasi program-program yang bagus di Jabar tersebut untuk akselerasi kesejahteraan rakyat di Kalimantan Selatan. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama