Trending

BPBD Balangan Bakal Kembali Pasang Dua Alat EWS

MEMANTAUPemasangan alat EWS ini direncanakan didua lokasi yaitu di Desa Mayanau Kecamatan Tebing Tinggi dan Desa Bata Kecamatan Juai - Foto BPBD 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Untuk memaksimalkan penanganan dan antisipasi bencana banjir BPBD Balangan bakal kembali menambah alat Early Warning System (EWS).

Pemasangan alat EWS ini direncanakan didua lokasi yaitu di Desa Mayanau Kecamatan Tebing Tinggi dan Desa Bata Kecamatan Juai.

BACA JUGA: Diguyur Hujan, Ketua DPRD Kalsel Supian HK Temui Aksi Massa HMI

Sebelumnya BPBD Balangan telah melakukan kordinasi dan survei lapangan terkait rencana pemasangan alat EWS tersebut dan mendapatkan kesepakatan antara pihak pemerintah desa, masyarakat dengan BPBD Balangan.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan Rahmi, Senin (10/6/2024) mengatakan, dua titik lokasi ini merupakan lokasi yang strategis untuk memasang alat EWS, karena pertemuan dua sungai yaitu sungai Pitap dan Balangan yang dapat memberikan indikator terhadap potensi bencana banjir.

"Dua alat ini merupakan dukungan dari Bupati Balangan serta pemenuhan sarana kebencanaan berupaya untuk tetap siaga terhadap potensi bencana banjir sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat banjir," ujarnya.

Sebelumnya juga sudah ada dua alat EWS yang dibantu oleh provinsi melalui BPBD Kalsel. Mudah-mudahan alat EWS yang nantinya akan dipasang ini berfungsi dengan maksimal dengan dukungan dari kecamatan dan desa.

BACA JUGA: Simak Tips Merawat Motor Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Dikendarai

"Alhamdulillah dari hasil survei pemerintah desa dan warga sangat mendukung dengan adanya pemasangan alat EWS ini. Kedepannya tentu akan kita kembangkan lagi ketitik-titik lainnya serta alat pendukung lainnya seperti pendeteksi longsor dan gempa," tutupnya. (mcb/vr/fs)

Lebih baru Lebih lama