Trending

Pemprov Mantapkan Persiapan Turdes dan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalsel

Rapat persiapan Turdes dan Harjad Provinsi Kalsel dipimpin Sekdaprov Roy Rizali Anwar. (adpim kalsel)


BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Persiapan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalsel tahun 2024 terus dimatangkan. Hal ini terlihat dari rapat lanjutan yang digelar oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Kantor Gubernur Kalsel, pada Selasa (4/6) pagi.

Terdapat dua agenda utama dibahas dalam rapat tersebut yaitu mengenai rencana kegiatan Turdes (turun ke desa) Paman Birin tahun 2024 dan progres serta tindak lanjut rapat-rapat sebelumnya terkait persiapan pelaksanaan rangkaian Hari Jadi Provinsi Kalsel yang akan digelar bulan Agustus mendatang.

Dalam arahannya selaku pimpinan rapat, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, menyampaikan bahwa sesuai arahan Gubernur Kalsel, Paman Birin, Turdes tahun 2024 akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Sesuai arahan beliau Turdes tahun 2024 akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat, beliau ingin memastikan program turdes ini benar-benar menyentuh masyarakat dan memberikan manfaat langsung bagi mereka,” jelas Roy.

Lebih lanjut, Roy mengatakan bahwa rapat ini akan membahas beberapa konsep tema turdes, pengusulan rute dan tempat-tempat yang dilewati dan yang akan dikunjungi akan disesuaikan dengan tema yang akan diusung.

“Kita akan membahas beberapa konsep tema turdes, kemudian pengusulan rute dan tempat-tempat yang dilewati dan yang akan dikunjungi akan disesuaikan dengan tema yang akan diusung” terangnya.

Roy menekankan pentingnya kesesuaian kegiatan turdes dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini bertujuan agar Turdes dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Turdes harus bisa memberikan dampak positif yang konkret bagi masyarakat desa yang dikunjungi. Oleh karena itu, setiap kegiatan harus sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing SKPD,” ujar Roy.

Selain itu, Roy menyampaikan beberapa persiapan pelaksanaan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 juga terus dimatangkan. Berbagai kegiatan telah direncanakan untuk memeriahkan hari jadi provinsi yang jatuh pada tanggal 14 Agustus mendatang.

“Persiapan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 terus kita matangkan. Kita ingin hari jadi tahun ini menjadi momen yang istimewa bagi seluruh masyarakat Kalsel,” kata Roy.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Kalsel, H. Berkatullah menekankan pentingnya persiapan matang dalam pelaksanaan turdes yang akan digelar selama 6 hari 6 malam ke seluruh kabupaten di Kalsel.

Persiapan ini termasuk penyediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk menghadapi medan berat di beberapa daerah.

“Medan yang berat di beberapa daerah perlu diantisipasi dengan sarana dan prasarana yang memadai, agar pelaksanaan turdes dapat berjalan lancar dan meminimalkan risiko yang mungkin timbul,” terangnya.

Berkatullah menjelaskan bahwa koordinasi antar SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) juga menjadi faktor penting dalam persiapan turdes. Masing-masing SKPD perlu memastikan kesiapan personel, logistik, dan peralatan yang dibutuhkan selama turdes.

“Kita ingin turdes kali ini dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat di seluruh Kalsel, oleh karena itu, persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan acara,” terang Berkatullah.

Selain itu, beberapa rencana kegiatan juga disampaikan oleh sejumlah perwakilan SKPD terkait, bersama dengan desain dan konsep yang diusulkan oleh Event Organizer (EO) yang bertanggung jawab atas Hari Jadi Kalsel, serta daftar kegiatan yang akan digelar untuk memeriahkan acara tersebut.

Rapat lanjutan ini dijadwalkan akan terus berlangsung hingga hari-H, dengan tujuan utama untuk memastikan bahwa semua persiapan berjalan sesuai rencana dan siap untuk menyambut Hari Jadi 2024 dengan optimal.

Rapat dihadiri oleh Para Staf Khusus Gubernur, Staf Ahli, Para Asisten, Pimpinan SKPD lingkup Kalsel, Ketua PWI, EO pelaksana serta tamu undangan lainnya. (adp/sun)

Lebih baru Lebih lama