Trending

PPKM Mikro Diperpanjang Di Banjarmasin, Yamin Minta Prokes di Pasar Tradisional Diperketat

WAWANCARA: Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin M Yamin - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin M Yamin berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin dapat memperketat Protokol Kesehatan (Prokes) di pasar-pasar tradisional guna menekankan laju penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Yamin, mengingat adanya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri yang kembali diberlakukan di Kota Seribu Sungai awal Juni nanti.

“Jadi tidak hanya di kafe atau restoran saja yang diperketat terkait prokesnya, tapi di pasar tradisional juga harus. Apalagi di pasar itu padat, orang kadang berdesakan,” tegas Politisi dari Partai Gerindra itu.


Ia menilai secara umum baik pedagang maupun pengunjung pasar memang sudah memiliki kesadaran menerapkan disiplin Prokes, tapi tidak dipungkiri sebagian kecil di antaranya masih ditemukan pelanggaran, seperti tidak menggunakan masker.

“Ini yang menjadi PR pemerintah kota. Menertibkan pasar-pasar yang ada. Memfasilitasi sarana untuk menekan penyebaran Covid-19, seperti penyediaan tempat cuci tangan dan imbauan menjaga jarak,” jelasnya.

Pihaknya pun berjanji DPRD Banjarmasin akan berkoordinasi dengan dinas untuk menyikapi kondisi terkait prokes di pasar-pasar dan tempat umum lainnya.

“Masyarakat juga perlu dilibatkan secara baik untuk mencegah penyebaran virus ini,” imbuhnya.(fsl/ar)

Lebih baru Lebih lama