Trending

UDD PMI Banjarmasin Sediakan Paket Lebaran Gratis Bagi Pendonor

 

WAWANCARA : Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin menyediakan paket lebaran berupa sirup, biskuit hingga susu manis kaleng kepada masyarakat yang mau melakukan donor darah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit, Senin (4/4/2022). Dokter Rama mengatakan kalau pihaknya terus melakukan sejumlah terbosan agar kebutuhan kantong darah tetap bisa dipenuhi selama momen Ramadan.

“Kabar baiknya jika berdonor darah di bulan Ramadan ini akan diberikan paket lebaran. Jangan khawatir tidak kebagian karena kita menyiapkan hingga ribuan paket,” ungkapnya. 

Kami juga ucapkan terimakasih kepada para donatur yang sudah mendukung untuk membantu UDD PMI hingga sekarang.

“Paket lebaran ini sendiri kami dapatkan dari para donatur yang ingin membantu UDD PMI Banjarmasin menyediakan stok kantong darah untuk masyarakat yang memerlukan,” timpalnya lagi.

Untuk bisa melakukan donor darah selama Ramadan, masyarakat bisa memilih beberapa tempat, salah satunya di mobil donor darah yang disiagakan di Mesjid Sabilal Muhtadin yang buka hingga jam 10 malam setiap harinya.

Selain itu di Sekretariat UDD PMI Kota Banjarmasin di JL S Parman juga dibuka hingga 24 jam. Jadi bagi yang berpuasa tetap bisa melakukan donor darah pada malam hari.

“Jadi sekali lagi kami meminta kepada masyarakat untuk menyempatkan waktu melakukan donor darah di momen Ramadan ini. Karena setetes darah anda sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Diakuinya biasanya berkaca dari pengalaman sebelumnya, setiap Ramadan biasanya stok kantong darah mengalami penurunan yang drastis dan tidak berbanding lurus dengan besarnya permintaan dari Rumah Sakit.

“Di hari pertama Ramadan saja hanya ada 9 orang yang melakukan donor darah. Padahal kebutuhannya sehari bisa mencapai 50 – 100 kantong darah. Karena itulah kami berharap melalui paket lebaran ini bisa mendongkrak minat masyarakat untuk melakukan donor darah selama Ramadan,” tukasnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama