Trending

Jalan Perumahan di Banjarmasin Bakal Diperbaiki

PERUMAHAN : Fasilitas jalan di komplek perumahan ditingkatkan - Foto Nett

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin berencana melakukan perbaikan seluruh jalan komplek perumahan mulai tahun ini.

Kegiatan ini bakal dilaksanakan dalam program percepatan peningkatan infrastruktur, terutama di dalam komplek perumahan.

"Payung hukumnya sudah dibuat berupa Surat Keputusan (SK). Ini nanti yang menjadi dasar hukum pengerjaannya," ucap Chandra, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Banjarmasin, saat ditemui Smart FM Banjarmasin, Kamis (12/5/2022).

 

"Jadi nanti kedepan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan fokus menangani jalan kota," sambungnya lagi.


Ia menerangkan, saat ini terdata ada sebanyak 328 komplek perumahan dengan total panjang mencapai 370 kilometer lebih yang bakal diperbaiki. Dari 328 komplek perumahan tersebut, sekitar 2 per 3 asetnya telah  diserahkan ke Pemko. Sehingga kemungkinan besar pengerjaan bisa dimulai pada APBD Perubahan 2022.

Adapun bentuk perbaikannya lanjut Chandra, akan dilihat terlebih dulu kondisi kerusakannya. Misalnya jika terkait overlay, maka cukup dilakukan pengaspalan jalan. 

"Kita masih inventarisir bentuk kerusakannya. Kalau perlu penanganan lebih lanjut maka pengerjaan akan dilakukan melalui APBD Murni. Ini program jangka panjang," pungkasnya.Kabar inipun direspon positif oleh warga. Salah satunya Lepi, warga Antasan Kecil Timur, Kec. Banjarmasin Utara.

Meski demikian, pria 36 tahun itu berharap agar penanganan tidak hanya dilakukan untuk jalan di dalam komplek perumahan saja. 

"Melainkan juga jalan depan yang menjadi akses masuk dan keluar komplek."Sudah dua tahun terakhir ini jalan depan komplek kami rusak. Warga setempat hanya melakukan tambal sulam perbaikan jalan," tutupnya. (nett/fsl)

Lebih baru Lebih lama