Trending

Kalsel Provinsi Pertama Dikunjungi Gubernur Lemhannas RI, Paman Birin Sebut Jadi Penyemangat

PERTAMA -Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat memberikan sambutan pada silaturahmi Gubernur Lemhanas RI

BANUATODAY.COM.Banjarmasin - Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto melakukan silaturahmi dan ramah tamah dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang didampingi Sekdaprov Roy Rizali Anwar di Mahligai Pancasila Kompleks Kediaman Gubernur di Banjarmasin, Selasa (10/5) malam.

Turut hadir Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Rektor UIN Antasari Prof Mujiburrahman, perwakilan dari Polda Kalsel, Kepala Kementerian Agama Kalsel Muhammad Tambrin, dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel serta undangan lain.

Gubernur H. Sahbirin Noor atau akrab Paman Birin mengawali sambutannya menyambut gembira kedatangan Gubernur Lemhannas RI ke Kalsel.

Terlebih lagi, Gubernur Lemhannas RI sejak dilantik 3 bulan yang lalu menjadikan Kalsel sebagai provinsi pertama yang dikunjungi selain melakukan aktivitas di Jakarta saja.

"Alhamdulilah, kedatangan Pak Andi Gubernur Lemhannas ke Kalsel untuk pertama kali provinsi adalah suatu kehormatan dan penyemangat kami dalam membangun banua," kata Paman Birin.

Pada kesempatan itu, Paman Birin juga menceritakan seputar keberadaaan Kalsel sebagai provinsi tertua di Kalimantan, hingga soal posisi strategis sebagai sebagai gerbang Ibu Kota Negara Nusantara.

Paman Birin berharap, semakin banyaknya pejabat pemerintah pusat yang datang ke Kalsel seperti Gubernur Lemhannas ini, mampu mendorong terwujudnya cita-cita Kalsel memiliki infrastruktur lebih lengkap lagi seperti di pulau Jawa, salah satunya terdapat jalur kereta api.

"Kita menyambut bahagia atas kedatangan Gubernur Lemhannas di Kalimantan Selatan," ujarnya

Sementara itu, Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto menyebut,  kedatangan pihaknya di Kalsel  untuk  pemantapan nilai kebangsaan yang merupakan salah satu dari empat program dalam Lemhannas.

Program pemantapan nilai kebangsaan ini ujarnya menyasar kalangan komunitas-komunitas di wilayah-wilayah di seluruh Indonesia dan pelatihan kepada trainernya  atau program ToT.

Selain itu, Lemhannas juga menjalankan program pendidikan kepemimpinan nasional yakni Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 dan 64.

Masing-masing angkatan akan diikuti sebanyak 100 peserta dan dilaksanakan selama delapan bulan.

Rencana operasional pendidikan Tahun Anggaran 2022 diawali dengan masa orientasi yang berisikan pengenalan tutor, pengenalan lembaga, penjelasan bidang studi inti, penjelasan mengenai e-learning, dan penjelasan petunjuk teknis.

Pada masa orientasi juga akan dilakukan tes awal untuk melihat kemampuan dan pengetahuan para peserta sebelum mengikuti PPRA dan menjelang akhir pendidikan akan dilaksanakan tes akhir. Hal tersebut guna menjadi tolak ukur kemampuan peserta saat sebelum dan sesudah mengikuti PPRA.

Selain itu, program singkat yakni PPSA  yang rencananya dilakukan tahun depan. Dalam hal ini, pihaknya juga mempersilahkan jika ada unsur dari pemerintah daerah pada level sekretaris daerah (Sekda)  yang mau mengikuti program pendidikan kepemimpinan selama 2,5 bulan ini.

Hal ini ujarnya sangat penting untuk meningkatkan kemampuan jejaring  yang bersangkutan.
“Saya tadi didampingi pak Roy (Sekdaprov, red) dalam talkshow di TVRI, itu sudah mantap untuk masuk Lemhananas, (Sekdaprov Roy,red) supaya diizinkan pembelajarannya  dua tahun setengah saja,” saran Andi Widjajanto kepada Gubernur Kalsel .

Disebutkan juga program lain Lemhannas yang tengah dijalankan yakni kajian strategis atas mandat presiden pada tahun ini dan tiga tahun kedepan dengan lima kajian yakni  kajian terkait pelaksanaan pemilu serentak 2024, kajian terkait ekonomi hijau, kajian ekonomi biru, dan  kajian tentang ketahanan  Ibu Kota Nusantara yang diyakini sangat berpengaruh terhadap perkembangan provinsi KalimantanTimur dan Kalimantan Selatan  beberapa tahun kedepan. (naz/fsl)
 

Lebih baru Lebih lama