Trending

Kwarcab Pramuka Balangan Gelar Jambore 2022, Ini Pesan Ketua Kwarcab

KATA SAMBUTAN: Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Balangan Hj Sri Huriyati menyampaikan kata sambutan pada acara Jambore di Lapangan Sepakbola Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Balangan, Hj Sri Huriyati Abdul Hadi yang menghadiri langsung kegiatan Jambore Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Balangan.

Bunda Sri Panggilan akrabnya mengaku sangat bersyukur Kwarcab Balangan bisa melaksanakan kegiatan Jambore karena di beberapa daerah tidak melaksanakan sama sekali.

"Tetapi kita di Balangan, Alhamdulillah tetap bisa melaksanakan. Bahkan saya menilai pelaksanaan Jambore ini bisa mengobati rasa rindu perkemahan yang sudah lama tidak bisa dilaksanakan, baik oleh peserta maupun bina damping dan sesepuh Kepramukaan kita di Balangan," ungkapnya Sabtu (4/6/2022), di Lapangan Sepakbola Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

Hj Sri mengatakan, Jambore ini merupakan kegiatan pesta penggalang lima tahunan yang berjenjang dari tingkat Kwaran sampai ke tingkat Nasional.

"Berdasarkan intruksi, Kwarnas dan Kwarda diminta untuk melaksanakan Jambore cabang dengan sesederhana mungkin, mengurangi kegiatan dan mengurangi jumlah peserta jambore biasanya," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwarcab Balangan berpesan kepada Majelis Pembina Ranting (Mabiran) atau para pembina Kwartir Ranting (Kwaran) yakni para Camat dan Ketua Kwaran se-Balangan agar dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi kegiatan-kegiatan Pramuka di tingkat Daerah, Provinsi, maupun Nasional. 

"Jadi mohon untuk Mabiran dan Ketua Kwaran untuk juga terus menyiapkan, menyemangati dan mensupport kegiatan-kegiatan Pramuka di wilayahnya masing-masing agar dapat menghasilkan kader-kader Pramuka mumpuni dan Pramuka Garuda yang merupakan syarat mengikuti kegiatan Daerah dan Nasional," katanya.

Jika tahun ini, Kwarcab Pramuka Balangan menyiapkan kegiatan pestanya penggalang sampai ke Nasional, maka tahun depan pihaknya juga akan menyiapkan diri untuk mengikuti dan menyelenggarakan latihan tingkat untuk siswa penggalang dan kegiatan pestanya penegak melalui kegiatan Raimuna baik dari tingkat cabang, daerah sampai nasional.

“Jambore ini adalah rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan sebagai sarana pembinaan Pramuka penggalang yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan, peningkatan mutu sumber daya manusia, prestasi demi kerukunan dan perdamaian,” katanya.

Pada kesempatan ini, Hj Sri mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ketua Kwaran Tebing Tinggi beserta jajaran yang sudah mau berkolaborasi dengan Kwarcab Balangan untuk melaksanakan Jambore yang sangat luar biasa dalam pelaksanaannya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama