Trending

Program Unggulan Pemkab Balangan Home Care Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat

KUNJUNGAN : Tim kesehatan home care berkunjung ke rumah salah satu pasien yang memerlukan pengobatan - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Masyarakat di Balangan sangat merasakan dampak positif dengan adanya program unggulan salah satunya bidang kesehatan yaitu Home care yang digagas oleh Bupati Balangan Abdul Hadi dan Wakilnya Supiani saat.

Pengakuan tersebut datang dari Kaur Umum Aparat Desa Balida, Amrullah yang menyampaikan rasa terimakasih masyarakatnya yang sangat terbantu dengan adanya program Home care dari pemkab Balangan.

"Ada 9 orang warga desa Balida yang mendapatkan pelayanan kunjungan dari tim Home Care hari ini dan kami masyarakat merasa sangat terbantu dengan program ini, karena kami tidak perlu lagi membawa keluarga  ke Puskesmas, namun hanya konfirmasi sama bidan desa saja maka tim Home Care sudah datang kerumah pasien untuk pemeriksaan,” ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Pada kesempatan tersebut, dr Hj Aulia Asmi Setiawaty, menjelaskan sejak Januari pihaknya telah mempersiapkan tim yang dibagi dalam beberapa kelompok, terdiri dari doktor, perawat, bidan desa , analisis kesehatan dan dari tenaga Puskesmas untuk melakukan kunjungan sesuai jadwal pelayanan Homecare di UPT Puskesmas Paringin. 

"Tim Home care melakukan kunjungan sesuai jadwal yakni satu bulan sekali, namun apabila mendesak dibutuhkan maka tim akan bergerak. Saat ini kami memiliki 5 dokter yang melayani di dalam maupun luar gedung. Semua masyarakat dilayani secara gratis baik yang memiliki BPJS atau belum. Bagi yang memiliki BPJS dapat mempermudah apabila akan dilakukan rujukan lebih lanjut, sementara yang tidak memiliki BPJS akan dikoordinasikan dengan pihak desa untuk pengurusan pembuatan BPJS," ujarnya.

Saat ini tambahnya, jumlah pasien yang terdaftar home care di Puskesmas Paringin sekitar 60 pasien dari 14 desa  di dua kelurahan dan angka tersebut semakin hari semakin bertambah. Rata-rata pasien yang dilayani secara Homecare yang tidak bisa melakukan aktivitas lagi dari berbagai macam penyakit.

"Dari lansia, hipertensi dan lainnya, ada pun kategori pasien yang dilayani secara Homecare bukan pasien gawat darurat, melainkan pasien yang tidak bisa ke fasilitas kesehatan. Kami juga terus mengupayakan Homecare semakin berkembang dan juga terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat," tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama