Trending

Latih Petani Budidaya Madu dan Pembuatan Kompos

MADU -Kelompok Tani Harapan Maju pada kegiatan pelatihan budidaya madu

BANUATODAY.COM.Banjar- Setelah sukses melakukan pembinaan dan pelatihan di beberapa tempat, kini Tim Dosen Fakultas Kehutanan (Tahunan) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali melakukan kegiatan pengabdian Dosen Wajib Mengabdi (PDWA 2022) di Desa Kiram Kabupaten Banjar dan Desa Sungai Jelai terletak di Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut.

Pengabdian masyarakat di Desa Kiram Kabupaten Banjar diketuai Dr.Ir.Daniel Itta,M.S, Ir.Hj.Normela Rachmawati, mahasiswa dan pengelola KHDTK (Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus) ULM memberikan pembinaan dan pelatihan budidaya Madu kepada Kelompok Tani Harapan Maju secara profesional sehingga bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Menurut Dr Ir Daniel Itta MS, Desa Kiram memiliki potensi untuk kegiatan budidaya lebah madu karena letaknya masih berdekatan dengan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) ULM dan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam.  Sehingga pada tahun 2020 lalu dengan tujuan membantu masyarakat petani, pengelola KHDTK (Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) ULM memberikan bantuan 5 buah stup madu kelulut untuk Kelompok Tani (KT) Harapan Maju Desa Kiram. 

"Kegiatan ini untuk memberdayakan petani di Desa Kiram yang terdampak Covid 19 sehingga diharapkan petani yang tergabung dalam KT Harapan Maju memiliki tambahan penghasilan selain bertani dan berladang," jelasnya.

Pelatihan yang diberikan yaitu penyuluhan kepada anggota mitra tentang teori yang berkaitan dengan budidaya lebah, khususnya tentang biologi lebah, peralatan budidaya lebah, analisa usaha perlebahan, hama dan penyakit lebah madu serta tanaman pakan lebah,memberikan pelatihan cara pemindahan koloni lebah/memecah koloni lebah, peningkatan kualitas alat panen dan pelatihan pengemasan madu yang baik sehingga memenuhi standar.

Sementara di Desa Sei Jelai Kabupaten Tanah Laut,. tim fakultas Kehutanan ULM yang diketuai Dr.Susilawati,S.Hut,M.P dan Ir.Gusti Syeransyah Rudy juga melaksanakan kegiatan PKM di Desa Sungai Jelai terletak di Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut. 

Diungkapkan Dr Susilawati SHut MP, petani dan peternak di Desa Sungai Jelai bergabung dalam organisasi Kelompok Tani Hutan (KTH) Bukit Panti Bersinar untuk menampung aspirasi petani yang ada di Desa Sungai Jelai. 

"Tim pengabdi melaksanakan kegiatan memberikan pelatihan pengolahan kompos curah dan kompos  blok berbahan dasar limbah organik yang melimpah di Desa Sei Jelai, " tandasnya. 

Ia pun berharap, kegiatan pelatihan pembuaatan kompos curaah dan kompos blok ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian KTH Bukit Panti Bersinar.(naz/fsl)

 KOMP0S - Tim dosen Fahutan ULM pada kegiatan pelatihan pembuatan kompos di Desa Sungai Jelai


Lebih baru Lebih lama