Trending

Ketua DPC Demokrat Balangan Dukung Wacana Perubahan Dapil

  

WAWANCARA: Ketua Demokrat Balangan, Syamsudinoor - Foto Dok 

BANUATODAY.COM,  BALANGAN - Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Balangan, Syamsudinoor mendukung wacana adanya perubahan daerah pemilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan.

Hal tersebut bukan tidak beralasan katanya, sebab volume durasi yang tentunya dilaksanakan pada pemilu serentak ini sangat banyak.


“Dengan adanya perubahan dapil ini akan lebih proporsional, dengan wilayah lebih kecil, tentu pelaksanaan pemilu lebih akuntabel, transparan dan lebih penting dalam sisi kemanusiaan, jangan sampai kejadian pemilu 2019 yg memakan korban jiwa terjadi lagi," tuturnya. Rabu (23//11/2022)


Ia mengatakan, secara politik maka peserta yang ikut dirugikan apabila ada perubahan dapil, mengingat selama ini pembinaan konstituen dilakukan oleh individu kader menjadi terbagi. 


“Misalnya dapil 1, sebelumnya Kecamatan Paringin, Kecamatan Paringin Selatan dan Kecamatan Lampihong yang sudah terkoneksi hingga menjadi terpisah. Tapi demi kepentingan yang lebih besar, kami pribadi tidak mempermasalahkannya,” cetus Syamsudinoor yang juga anggota DPRD Balangan ini.


Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Balangan, Saripani juga mengatakan jika ada wacana mutasi tersebut memang ada dan sudah diusulkan ke KPU RI.

Dalam rancangan daerah, KPU Kabupaten Balangan mengajukan opsi penambahan Dapil yang mulanya tiga Dapil menjadi empat Dapil. 

Pada rancangan Dapil baru tersebut, Dapil 1 meliputi Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan, Dapil 2 meliputi Kecamatan Juai dan Halong, Dapil 3 meliputi Kecamatan Batumandi dan Lampihong serta Dapil 4 meliputi Kecamatan Awayan dan Tebing Tinggi. 

“Kemudian uji publik rancangan penataan Dapil anggota DPRD Kabupaten oleh KPU Kabupaten, dan terakhir finalisasi dan penetapan rancangan penataan Dapil anggota DPRD Kabupaten," tambahnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama