Trending

Terjadi Lonjakan Penumpang, PT DLU Siapkan 2 Kapal Besar di Momen Nataru

WAWANCARA: Kepala PT DLU Cabang Banjarmasin Anton Wahyudi - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) jumlah penumpang dan angkutan truk fuso yang menggunakan jasa kapal PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin khususnya untuk tujuan Banjarmasin – Surabaya mengalami peningkatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala PT DLU Cabang Banjarmasin Anton Wahyudi saat ditemui di kantornya. Ia mengatakan sejak Desember lalu traffic penumpang dan angkutan sudah meningkat dari hari biasa.


“Sejak awal desember lalu kenaikan sudah mulai terjadi dan puncaknya pada momen natal dan tahun baru ini,” ungkapnya, Selasa (27/12/2022).


Untuk penumpang kenaikannya mencapai 80 persen, sedangkan untuk truk fuso tembus hingga 100 persen.

“Kalau penumpang beberapa hari terakhir ini kita bisa angkut hingga 500 – 600 penumpang sekali kapal sandar. Kalau truk fuso dari kapasitas 66 buah yang disediakan selalu penuh di isi oleh ekspedisi,” tambahnya.

Memang diakuinya momen libur sekolah menjadi sebab utama naiknya jumlah penumpang yang menggunakan Kapal DLU. Selain itu untuk truk fuso dikarenakan banyaknya permintaan konsumsi masyarakat jelang akhir tahun, khususnya untuk sayur mayur dan konveksi untuk tahun ajaran baru.

“Untuk bisa memenuhi naiknya permintaan ini, kami menyediakan 2 kapal besar untuk rute Surabaya – Banjarmasin atau sebaliknya, yaitu KM Dharma Rucitra 1 dan Dharma Kartika 9,” timpalnya lagi.Walau mengalami kenaikan memang diakuinya sempat terjadi penundaan keberangkatan karena naiknya gelombang air laut beberapa hari terakhir. Anton mengklaim, 2 armada milik DLU sebenarnya sanggup berlayar, namun pihaknya tidak memaksakan karena kenyamanan dan keamanan penumpang lebih utama.

“Tapi mulai kemarin sudah bisa berangkat lagi, semoga ini bisa terus berlanjut hingga akhir tahun mendatang,” harapnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama