Trending

Pemkab Kapuas Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

 

SELEKSI: Pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pmpinan tinggi pratama - Foto Dok

BANUATODAY.COM -  Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S Bahat meninjau pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas.

Sebanyak 21 peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi terlihat mulai mengikuti jalannya seleksi lanjutan, yaitu penyusunan/penulisan makalah, bertempat di Aula BKPSDM Kapuas, Selasa (14/2/2023).

Kepala BKPSDM Kapuas, Komari mengatakan seleksi terbuka dilaksanakan dalam rangka menentukan aparatur yang memiliki kapasitas, kompetensi, dan integritas yang memadai untuk mengisi jabatan pada suatu instansi tertentu, sehingga dapat melaksanakan tugas yang lebih efektif dan efisien.


"Juga dalam rangka mengisi kekosongan jabatan pimpinan tinggi di lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, serta pelaksanaan kegiatan berpedoman pada ketentuan-ketentuan yang berlaku," kata Komari.


Komari juga mengungkapkan terdapat 8 jabatan yang lowong atau sementara ini dijabat Plt, sehingga dilakukan seleksi, yaitu Sekretaris DPRD Kapuas, Kepala Dinas P3APPKB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kapuas, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kapuas, dan Kepala Dinas Kesehatan Kapuas.

Hanya saja menurutnya, berdasarkan berita acara panitia seleksi nomor : 13/pansel/jpt.2023 tanggal 11 Februari 2023 bahwa sampai dengan batas akhir pendaftaran ada 2 formasi jabatan yang tidak terisi.

"Karena sampai dengan tanggal 10 Februari 2023 hanya terdapat 6 jabatan yang terisi. Sehingga, dua jabatan, yaitu Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tak terisi, pelamarnya ada, tetapi tidak memenuhi persyaratan. Sehingga, akhirnya 6 formasi jabatan tersebut saja diputuskan yang bisa dilanjutkan ke tahapan selanjutnya," ucapnya.

"Untuk jumlah peserta yang melamar awalnya berjumlah 30 orang dan setelah dilakukan seleksi administrasi, maka 21 orang dinyatakan lulus untuk bisa mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya,"tambahnya.

Dalam seleksi terbuka ini terdapat sejumlah tahapan, yaitu seleksi administrasi, penyusunan/penulisan makalah, assesment center/uji kompetensi, dan wawancara akhir.

Adapun untuk Tim Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama lingkungan Pemkab Kapuas ini diketuai oleh Prof. Dr. Danes Jaya Negara SE., MSc., CEIA dari UPR, bersama Prof. Dr. Eddy Lion M.Pd, Drs. Septedy M.Si (Sekda Kapuas), Vitrianson, S.Sos, MA, dan Drs. H. Ali Damrah M,Si. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama