Trending

Usulan Jaringan Listrik Sangat Diharapkan Warga Tambak Bajai di Musrenbangcam Dadahup

 

DISKUSI: Musrenbangcam di Desa Tambak Bajai Dadahup - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Tambak Bajai Kecamatan Dadahup sangat berharap adanya infrastruktur jaringan listrik bisa direalisasikan dalam Musrenbang Kecamatan Dadahup yang dibuka langsung staf ahli Bupati bidang Pemerintahan hukum dan politik Drs. Yunabut didampingi Camat Dadahup Karya Jaya Y Singam, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Fraksi Gerindra Bendi, Unsur Tripika, OPD dan para Kepala Desa.

Adapun dari 13 Desa masih di dominasi usulan bidang infrastruktur dari 5 bidang diprioritaskan untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas tahun 2024.

Camat Dadahup, Karya Jaya Y Singam mengatakan, usulan skala prioritas disampaikan warga 13 desa melalui Kades menjadi perhatian pemda yang akan dimasukan dalam program prioritas RKPD tahun 2024. Karena usulan tersebut melalui Musrenbang desa maka disampaikan pada musrenbangcam Dadahup.

 

"Memang usulan untuk bidang infrastruktur masih menjadi program prioritas seperti jalan, jembatan, jalan usaha tani, irigasi dan jaringan listrik,: ucap Jaya, Senin (13/2/2023).


Ia juga mengatakan, usulan bidang infrastruktur ada 18 usulan kegiatan, untuk irigasi di Desa Menteng Karya karena sudah terjadi pendangkalan sehingga perlu dilakukan pengerukan oleh Dinas PUPR sepanjang 8 kilometer.

"Lalu, untuk jaringan listrik ada 7 usulan kegiatan baik itu listrik masuk desa, penerangan jalan umum dan penambahan jaringan listrik, sedangkan bidang pendidikan, ada 5 usulan kegiatan untuk rehab gedung sekolah dan pembangunan baru serta penambahan ruang belajar," katanya.

Dalam bidang kesehatan ada 14 usulan kegiatan dan penambahan tenaga kesehatan, 2 orang tenaga dokter umum, pembangunan gedung Puskesmas Talekung Punai, pengadaan Ambulance, rehab Pustu, penambahan perawat dan pembangunan IPAL.

"Memang masih perlu perhatian di bidang kesehatan terutama insentif dari Kabupaten untuk 8 desa, pengadaan alat kesehatan dan pembangunan aula untuk Puskesmas Dadahup," imbuhnya.

Usulan bidang ekonomi dan pemberdayaan lebih pada pertanian terutama bantuan bibit ternak baik sapi, kambing dan babi. Sedangkan bantuan untuk kelompok tani baik bibit padi, pupuk dan alsintan. Kemudian bantuan untuk perikanan berupa bibit ikan nila, terpa, kolam beserta pakan ikan. Sedangkan usulan bidang administrasi dan pemerintahan ada 3 usulan kegiatan baik rehab lantai dan perluasan aula kantor kecamatan, pembangunan kantor yakni Desa Dadahup dan Kuripan Permai serta pembangunan rumah ibadah di desa Tanjung Harapan.

"Warga mengusulkan penumbuk purun dan perlengkapan serta serta pemberdayaan kelompok usaha masyarakat. Sebab Kecamatan Dadahup banyak kelompok pengrajin purun," tukasnya. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama