Trending

Bupati Kapuas Panen Raya Padi Bersama di Lahan Food Estate Bentuk Jaya Dadahup

 

PANEN RAYA: Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat ikut melakukan panen secara simbolis bersama Forkopimda dan petani setempat - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat, MM, MT didampingi Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat, SH, MH menghadiri kegiatan panen bersama pengembangan padi lahan rawa di Kawasan Food Estate, Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup,  Kabupaten Kapuas Kalteng, Jumat (10/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat ikut melakukan panen secara simbolis bersama Forkopimda dan petani setempat.

Ben Brahim mengajak seluruh petani untuk terus bersemangat dalam membuktikan bahwa Kabupaten Kapuas merupakan lumbung padi untuk wilayah Kalimantan Tengah. Hampir 50 persen kebutuhan beras di daerah Kalteng, disuplai dari Kabupaten Kapuas.


"Mari kita bersama-sama untuk mensukseskan dan terus mengembangkan sektor pertanian di wilayah kita ini dan Pemerintah Daerah akan selalu mendukung penuh pengembangan pertanian di Kabupaten Kapuas," kata Ben Brahim.


Bupati dua periode ini mengungkapkan, dari total kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah seluas 165 ribu hektar, terdapat 116 ribu hektar yang ada di Kabupaten Kapuas, sehingga memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan infrastruktur maupun perekonomian masyarakat.

"Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk bersama-sama mensukseskan program ketahanan pangan ini dan kita buktikan bahwa Food Estate di Kabupaten Kapuas berhasil," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan, Ir Baginda Siagian, M.Si menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada jajaran Pemerintah Daerah yang selalu mendukung dan berjuang dalam program Food Estate diwilayah Kabupaten Kapuas.

"Memang terdapat beberapa kendala selama program ini, namun dengan dukungan dari Pemerintah, kita yakini bahwa program Food Estate ini dapat menjadi harapan untuk kedepannya dalam menjadikan Indonesia sebagai pemasok pangan dunia," tutur Baginda Siagian.

Dikatakannya juga bahwa panen padi di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup kali ini menjadi bukti akan keberhasilan pengembangan padi di daerah rawa yang dapat dilakukan melalui tata kelola air yang baik," tambahnya.

Pada panen raya padi ini juga dihadiri Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Kajari Kapuas Luckas Rohman, Kabag Ops Polres Kapuas, Kepala OPD Lingkup Pemkab Kapuas, Forkopimcam, Camat Dadahup, Kepala desa serta Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Ferry Syahrizal. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama