Trending

RSUD Balangan Berikan Edukasi Pentingnya ASI

 

SOSIALISASI: Pentingnya ASI bagi kembang tumbuh anak sangat dibutuhkan - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan melalui program unit promosi kesehatan rumah sakit memberikan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada pasien yang baru melahirkan pentingnya manfaat memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi.

Humas RSUD Balangan Rabiatul Asmaniah mengatakan, pentingnya ASI bagi kembang tumbuh anak sangat dibutuhkan, untuk itu sejak dini sosialisasi tersebut diberikan.


"Peran protein salah satunya yaitu ASI sangat penting dalam perkembangan otak dan pertumbuhan bayi,"ucapnya, Kamis (16/3/2023) di Paringin.


Menurutnya kandungan taurin, DHA dan AA dapat meningkatkan kecerdasan anak, serta sumber asupan nutrisi bagi bayi baru lahir.

"Yang mana sifat ASI bersifat eksklusif sebab pemberiannya berlaku pada bayi berusia 0 sampai 6 bulan,"kata Rabiatul. 

Dalam fase pertumbuhan ini lanjutnya, harus diperhatikan dengan benar mengenai pemberian dan kualitas ASI, supaya tidak mengganggu tahap perkembangan si kecil selama 6 bulan pertama semenjak hari pertama lahir.

"Mengingat periode tersebut merupakan masa periode emas perkembangan anak sampai menginjak usia 2 tahun. Masa 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak masa kehamilan 270 hari sampai dengan anak berusia 730 hari," tuturnya. 

"Bahkan tambahnya, masa kritis dimana anak bertumbuh dan berkembang dengan sangat cepat dan signifikan, masa tersebut tidak bisa terulang dan tidak terjadi pada kelompok usia lain," tambahnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama