Trending

BPBD Kalsel Pelatihan Sistem Peringatan Dini dan Evakuasi Mandiri Bencana Libatkan 4 Desa di Balangan

25052023-BANUATODAY.COM - BPBD Kalsel menggelar pelatihan kesiapsiagaan bencana di Kecamatan Awayan, Balangan. Dok. Diskominfo MC Kalsel.jpeg
BENCANA - BPBD Kalsel menggelar pelatihan kesiapsiagaan bencana di Kecamatan Awayan, Balangan. (Dok. Diskominfo MC Kalsel)


BANUATODAY.COM, PARINGIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan melaksanakan Pelatihan Sistem Peringatan Dini dan Evakuasi Mandiri.

Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Ariansyah menyebutkan pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait dengan kebencanaan.

“Agenda pelatihan kali ini yakni meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pembuatan peta rawan bencana, kemudian jalur evakuasi dan panduan kebencanaan lainnya,” ujar Ariansyah, Kamis (24/5/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan dan diikuti oleh peserta terdiri dari perwakilan desa yang memiliki potensi bencana tinggi. 

Empat desa yang dilibatkan sebagai kepesertaan yakni Desa Awayan, Desa Muara Jaya, Desa Putat Basiun, dan Desa Pulantan. 

BACA JUGA : Kapolda Kalsel Minta Penerima Bantuan Merawat dan Menjaga Rumah yang Sudah Dibedah

Ariansyah juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat ketangguhan masyarakat terhadap bencana dengan pengembangan sistem peringatan dini serta evakuasi mandiri.

Tidak hanya itu, di kesempatan ini pula pihak BPBD Kalsel sekaligus membentuk tim siaga bencana tingkat desa/kelurahan, kemudian tim siaga tersebut sangat berperan penting dalam penanggulangan bencana di desa/kelurahannya.

“Selain pembentukan tim siaga bencana, kita juga membuat peta rawan di desa/kelurahan serta alur penanganan bencana dalam kondisi waspada, siaga dan awas bencana,” tutup Ariansyah. (pem/win)

BACA JUGA : Polres Lamandau Ungkap Penipuan Modus Madu Palsu, Sita 107 Botol dari Dua Pelaku

Lebih baru Lebih lama