Trending

Kolaborasi Polres Balangan, Dinkes dan RS Datu Kandang Haji Ciptakan Hidup Sehat

FOTO BERSAMA: Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, Plt Kepala Dinkes Balangan H Ahmad Sauqi, dan Direktur Rumah Sakit drg. Sudirman turut menandatangani nota kesepahaman - Foto Dok 


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Polres Balangan, Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Datu Kandang Haji Balangan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam tiga aspek krusial. 

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, Plt Kepala Dinkes Balangan H Ahmad Sauqi, dan Direktur Rumah Sakit drg. Sudirman turut menandatangani nota kesepahaman ini di Aula Polres Balangan, Rabu (13/3/2024). 

Kapolres menjelaskan bahwa penandatanganan mencakup penanggulangan tuberkulosis, jaringan laboratorium, radiologi, dan EKG, serta pelaksanaan donor darah. 

"Ini adalah langkah awal untuk hidup sehat dan bersinergi dalam pelayanan kesehatan," ujar Kapolres.

Dalam penjelasannya, Kapolres juga menyebutkan bahwa kerjasama tersebut melibatkan tiga hal utama. Pertama, penanggulangan tuberkulosis di Kabupaten Balangan, dengan komitmen bersama untuk inventarisasi dan penanganan yang efektif. Kedua, penandatanganan MoU tentang EKG dan radiologi untuk keperluan chek-up internal. Ketiga, pelaksanaan donor darah secara rutin, melibatkan Polres Balangan, Dinkes, dan Rumah Sakit.

Sementara itu, Direktur RS Datu Kandang Haji, drg. Sudirman, menyambut baik kerjasama tersebut, ini sebagai langkah awal yang luar biasa.

"Potensi pengembangan kerjasama lebih lanjut dalam bentuk kegiatan lain yang dapat mendukung penanganan penyakit yang sulit diatasi seperti tuberkulosis," ucapnya.

Plt Kepala Dinkes Balangan, H Ahmad Sauqi, menyatakan bahwa penandatanganan MoU ini adalah langkah konkret dalam percepatan penanganan tuberkulosis di Kabupaten Balangan. 

"Komitmen bersama ini akan membuka peluang untuk lebih bersinergi dalam percepatan penanganan tuberkulosis," ungkapnya.

"Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi model kolaborasi yang lebih luas dalam bidang kesehatan, memperkuat upaya pemberantasan penyakit dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Balangan," tambahnya. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama