Trending

Tingkatkan Layanan, PDAM Balangan Ganti Sistem Distribusi Air Bersih Ke Sistem Sumur

WAWANCARA: Plt Direktur Utama PDAM Kabupaten Balangan Murjani - Foto Net


BORNEOTREND.COM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Balangan di Tahun 2021 kali ini berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan distribusi air bersih kepada para pelanggannya.

Menurut Plt Direktur Utama PDAM Kabupaten Balangan Murjani, sejumlah langkah dan strategi akan dijalankan agar hal itu bisa diwujudkan, salah satunya dengan mengganti mekanisme penyaluran air bersih yang awalnya menggunakan ponton, menjadi sistem sumur atau pembuatan sumuran intake.

"Kami akan membuat sumuran intake yang mana konsepnya sendiri berasal dari Prancis. Sistem ini dapat mengurangi risiko kerusakan mesin serta lebih efektif untuk mendapatkan air," katanya.

Jika sumuran intake bisa dilakukan di Kabupaten Balangan, maka ini akan mampu menangani kendala tidak mengalirnya air saat bencana banjir. Sehingga tidak ada lagi insiden ponton yang terbalik akibat derasnya aliran air sungai. 

“Saat ini kita sudah memasuki tahap koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai untuk pembuatan sumuran intake, karena metode ini sudah diterapkan pada ibukota kecamatan (IKK) Awayan,” tambahnya.

Rencanan akan ada dua sumuran intake yang dibuat. Lokasi yang dipilih yaitu di instalasi Gunung Pandau dan Paringin Selatan, sedangkan untuk dana yang digelontorkan untuk satu paket pembangunan sumur intake untuk dua lokasi dianggarkan mencapai Rp5 Miliar.

“Lalu langkah lainnya yang kita lakukan adalah membenahi alat-alat pada operasional PDAM, di antaranya untuk perpompaan dan mesin. Semoga dengan berbagai cara ini distribusi air bersih kepada pelanggan kami semakin baik kedepannya,” tukasnya. (fsl/net) 

Lebih baru Lebih lama