Trending

Dewan Setujui Raperda SPBE dan Dana Cadangan Pilkada 2024

 

SETUJU: Dewan menyetujui raperda SPBE dan dana cadangan pilkada 2024 - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN- Seluruh  Fraksi DPRD Kalsel memberikan persetujuan terkait Rancangan Peraturan Daerah ( Raperda ) Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pilkada 2024 untuk  ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) pada Rapat Paripurna DPRD Kalsel di Ruang Rapat H Mansyah, Banjarmasin (22/7/21).

Sebelumnya, Senin (19/7/21), Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA,  saat  Rapat Paripurna, menjelaskan Kalsel akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara serentak pada tahun 2024.

Hal demikian membutuhkan alokasi anggaran yang cukup besar, sehingga perlu persiapan mekanisme dana cadangan.

Menanggapi Raperda tersebut, akhirnya seluruh Fraksi DPRD Kalsel menyatakan dukungannya. 

Perwakilan dari Partai Kebangkitan Bangsa, Suripno Sumas menyampaikan beberapa saran, diantaranya jumlah yang dianggarkan harus proporsional sehingga tidak menimbulkan beban yang terlalu besar bagi APBD.

Terkait Raperda SPBE, Aris Gunawan, perwakilan dari Partai Gerindra turut mengungkapkan dukungannya.

"Kami menyambut baik untuk dilaksanakan prinsip good governance," tandasnya.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kalsel Supian HK. Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, hadir mewakili Pj ubernur Kalsel, Safrizal ZA.

Dalam rapat tersebut, juga disampaikan pendapat gubernur terhadap Raperda Manajemen Jalan dan Fasilitas Pendidikan Tinggi.

Menurut Safrizal diwakili Roy Rizali Anwar, jika menyangkut kewenangan pemerintah pusat, maka arahan pemerintah pusat sangat diperlukan. 

"Agar pada saat kedua Raperda ini ditetapkan menjadi Perda, benar-benar implementatif. Serta tidak menimbulkan tumpang tindih pengaturan dengan kebijakan pusat," pungkasnya. (fsl/ans)

Lebih baru Lebih lama