Trending

Jelang HUT RI Ke- 76, Penjualan Pernak Pernik Kemerdekaan Sepi Pembeli

PASAR: Tampak sepi pembeli pernak pernik menyambut HUT RI Ke 76 - Foto Net


BANJARMASIN- Penjualan pernak pernik bendera merah putih dan umbul-umbul mulai marak jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 di Banjarmasin.

Terpantau di Kawasan Pasar Baru, banyak dijumpai para pedagang sudah memajang dagangannya. Salah satu pedagang M Aksan mengatakan, sejak pandemi covid-19 omset dirasakan menurun. Bahkan menurutnya bakal akan sepi lagi karena diterapkannya kebijakan PPKM di Banjarmasin.

"Belum dapat kita prediksi, belum awal bulan jadi pengunjung belum terlihat ramai. Sedangkan calon pembeli dari luar daerah juga belum ada. Saat ini omset dalam sehari sekitar Rp 1juta hingga Rp 2 juta, saya berharap saat mendekati 17 Agustus, omset saya bakal bertambah, ucapnya, Selasa (30/7/2021).

Tidak jauh dari lapak Aksan, pedagan lainnya yakni Sugianor mengatakan penjualannya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Diakuinya memang ada peningkatan penjualan grosirnya sekitar 5 hingga 10 persen.

"Kebanyakan saat ini pembeli tetap dari kalangan perkantoran dan instansi pemerintahan. Untuk harga kita mematok sesuai kualitas bahan, saat ini harga juga naik namun tidak signifikan," ungkap Sugi.

Adapun untuk harga beberapa bendera dan umbul- umbul bervariasi menyesuaikan bahan dan ukuran, seperti umbul-umbul merah putih berukuran 3 meter seharga Rp 25 ribu perlembar dan ukuran 4 meter ditawarkan seharga Rp 35 ribu perlembar. Harga eceran untuk bendera merah putih ukuran 1,8 meter dijual seharga Rp 75 ribu per lembar, harga partainya Rp 70 ribu.

"Kebanyakan pembeli luar Banjarmasin datang dari para pedagang asal Batulicin, Barabai dan Kandangan. Sementara untuk bendera dan umbul-umbul kita ambil dari para penjahit lokal sedangkan pernik pernik khas tujuh belasan didatangkan dari pulau Jawa seperti Bandung dan Surabaya," tukasnya. (fsl/ans)

Lebih baru Lebih lama