Trending

Bantu Usaha Masyarakat Makin Maju

 

KEGIATAN: Tim dosen Fakultas Kehutanan ULM saat melakukan PKM untuk membantu masyarakat - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BATI-BATI - Tim Dosen Fakultas Kehutanan kembali melaksanakan kegiatan PKM. Kegiatan PKM diketuai  Dr.Ir.Daniel Itta,M.S, Dewi Fitriyanti,S.P,M.P dan kawan kawan.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di beberapa tempat, salah satunya penyuluhan dan pelatihan  kepada Kelompok Ibu Rumah Tangga Usaha Manisan di Kecamatan Bati Bati Kabupaten Tanah Laut.

Diungkapkan Dr Ir Daniel Itta MSi, usaha penjualan produk manisan di Bati Bati belum memiliki kemajuan yang signifikan dikarenakan keterbatasan pengetahuan  mengenai kualitas produk dari segi rasa, varian, pengemasan, manajemen keuangan dan pemasaran.

"Nah Kegiatan PKM ini dilaksanakan agar pelaku usaha mampu menghasilkan produk dengan varian rasa, proses produksi dilakukan secara higienis dan memenuhi standar kesehatan, produk dikemas menarik dan memiliki label, expired date sehingga dapat menambah daya tarik konsumen," jelasnya.

Selain itu, mereka juga mampu mengelola keuangan usaha dengan baik , mitra memiliki jangkau pasar lebih luas melalui e market.

Selain di Bati-Bati, PKM juga digelar di Komplek Benawa Raya Mandiri Kelurahan Guntung manggis Kecamatan Landasan Ulin Timur Banjarbaru.

Tim fakultas Kehutanan ULM yang diketuai  Dr.Susilawati,S.Hut,M.P dan Ir.Normela R,M.P juga melaksanakan kegiatan PKM dengan  memberikan tambahan keterampilan untuk KWT Benawa Raya Mandiri dalam membuat Demplot Model Rumah Pangan Lestari, pembuatan limbah organik rumah tangga melalui pembuatan kompos dengan keranjang Takakura, budidaya sayuran secara vertikultur, tabulampot, TOGA.  

Kegiatan PKM yang dibiayai oleh dana PNBP Universitas Lambung Mangkurat tahun 2021 tersebut diharapkan mampu membantu ekonomi masyarakat di masa pendemi covid 19 ini.(naz)


Lebih baru Lebih lama