Trending

Di Masa Pandemi, Balangan Fokus Kembangkan Pariwisata

KEMBANGKAN WISATA: Kepala Disporapar Balangan Gazali Al Fatah fokus mengembangkan pariwisata di Balangan – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN- Pandemi Covid-19 tak menghalangi Pemerintah Kabupaten Balangan untuk terus berupaya mengembangkan pariwisata.

Pemkab Balangan melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) bahkan terus melakukan perencanaan serta penjajakan potensi wisata yang fokus untuk dikembangkan.

Kepala Disporapar Balangan, Gazali Al Fatah mengungkapkan, saat ini Disporapar sudah melakukan penjajakan terhadap beberapa destinasi pariwisata yang akan dikembangkan, di antaranya ada di Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi. 

"Melalui penjajakan ini kami dapat menentukan pembenahan apa-apa saja yang dilakukan baik itu infrastruktur, pengelolaan dan lainnya. Ini sudah kami lakukan dimana sebelumnya kami sudah berkunjung ke beberapa objek pariwisata bersama pak bupati, salah satunya Batarius di Halong," ujarnya, Kamis (2/9/2021).

Dia mengatakan, penjajakan yang dilakukan saat ini sudah terkonsep. Untuk pengembangannya nanti dilakukan bersama stakeholder terkait misalnya pembuatan jalan, tempat penginapan, pintu gerbang dan lainnya. 

"Di anggaran perubahan beberapa konsep tersebut akan direalisasikan dan nantinya akan dilanjutkan di tahun 2022," katanya. 

Gazali menyebutkan, beberapa tempat wisata yang akan difokuskan untuk dikembangkan di antaranya adalah Batarius, Pamandian Anggang, dan Air Terjun Manyandar di Kecamatan Halong. Untuk di Kecamatan Tebing Tinggi ada Arung Jeram. 

"Semua bertahap, mengingat kondisi saat ini masih pandemi sehingga berpengaruh di anggaran," ucapnya. 

Terkait anggaran, ungkapnya, di perubahan sudah ada namun terbatas, dan akan dilanjutkan di anggaran tahun 2022 karena ada banyak program di tahun tersebut. 

Ia berharap program di masa pandemi ini dapat optimal, sehingga bila nantinya pandemi berakhir pariwisata di Balangan dapat berkembang kembali. (net/fsl)

Lebih baru Lebih lama