Trending

Sering Raih Prestasi Tingkat Provinsi, Khat Akan Lebih Diperhatikan Pemkab Balangan

MTQ: Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-15 Tingkat Kabupaten Balangan yang digelar di Kecamatan Paringin Selatan – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN  -  Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-15 tingkat Kabupaten Balangan yang bertempat di Kecamatan Paringin Selatan berlangsung dengan meriah.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 301 peserta yang tergabung dalam delapan Kecamatan di Kabupaten Balangan, tentu hal ini melahirkan regenerasi baru yang berkualitas di Bumi Sanggam.

Dewan Hakim MTQ Drs. H. Husien meyakini dipemerintahan H. Abdul Hadi dan H Supiani akan mendukung penuh pembinaan dan pelatihan dimana pemerintahan terdahulu belum memberikan perhatian, khususnya di cabang Khattil Qur'an. 

“Pembinaan terhadap kafilah khat (kaligrafi) ini dilakukan secara rutin yakni seminggu dua kali pembinaan mengingat waktu pelaksanaan MTQ tahun ini tidak panjang,” ujar Husien, Sabtu (21/5/2022). 

Menurutnya, cabang khat ini merupakan yang paling banyak menorehkan prestasi di beberapa kali pelaksanaan MTQ tingkat provinsi, serta di masa yang akan datang sehingga sangat diperlukan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Balangan. 

Terlebih, ia mengungkapkan, dicabang khat memang memerlukan dana yang cukup besar untuk membeli alat-alat keperluan menulis kaligrafi mulai dari cat, alat tulis, dan lain sebagainya. 

Lebih lanjut ujarnya, ditengah minimnya fasilitas ternyata hal itu tidak menurunkan semangat dan motivasi untuk berlomba, hal itu dibuktikan dengan banyaknya capaian prestasi yang telah diraih pada lomba tingkat provinsi Kalimantan Selatan. 

H. Husien berharap, Pemerintah Kabupaten Balangan benar-benar mendukung penuh cabang  khat dan memperhatikan fasilitas yang diperlukan baik dari segi pendanaan maupun dari segi tenaga pelatih. 

“Mudah-mudahan MTQ kali ini bisa menurunkan khathath yang membanggakan Balangan sehingga bisa menjunjung tinggi akan Al-Qur'an dan kaidah-kaidah agama sehingga bisa mempersiapkan diri untuk ke jenjang MTQ tingkat provinsi kedepannya,” tutupnya.

Diketahui, ini capaian-capaian yang telah diraih pada lomba tingkat provinsi.

Berikut daftar nama-nama kafilah di cabang Khattil Qur'an Kabupaten Balangan yang telah menorehkan prestasi di tingkat provinsi :


1. Rina Anggraini, juara 2 dan 3 beberapa kali tingkat provinsi di cabang dekorasi putri. 

2. Fitri Fahriani, juara 3 tingkat provinsi di cabang mushaf putri. 

3. Nor Fajeri, juara harapan 2 tingkat provinsi di cabang mushaf putra. 

4. Ratna Malasari, juara 1,2,3 beberapa kali tingkat provinsi di cabang naskah putri. 

5. Satoni, juara 2,3 dan harapan 1 beberapa kali tingkat provinsi di cabang naskah putra.(vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama