Trending

Sosialisasikan PMB di Banjarmasin, Ini Prodi Yang Ditawarkan ITN Malang

KUNJUNGAN : Kepala Lembaga PMB ITN Malang bersama Sekretaris Pusat Karir ITN saat berkunjung di SMAN 7 Banjarmasin - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Nama besar Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, khususnya di Kalsel tak diragukan lagi. Sudah banyak jebolan alumni kampus ini yang sukses baik itu sebagai ASN, ataupun di bidang swasta.

Agar dapat lebih dikenal masyarakat, Kepala Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)  ITN Malang, Sudiro, S.T, M.M bersama Sekretaris Pusat Karir ITN Malang Hadi Surya W, ST, MT mengunjungi SMAN 7 Banjarmasin yang dihadiri 37 Guru BK SMA/SMK/MA se-Kota Banjarmasin.

“Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelajar di Kalsel  untuk belajar di ITN Malang. Bahkan ITN Malang akan memberikan jalur undangan, sebagai jalur khusus. Dengan tata cara yang diatur, sekolah bisa mendaftar dengan mengirimkan biodata ke kami (PMB), seperti nama siswa, jurusan untuk SMK, serta nilai rata-rata rapor,” kata Sudiro. 

Dari pendaftaran tersebut, ITN Malang akan menyeleksi secara administrasi sesuai dengan kriteria masing-masing jurusan yang dipilih. Salah satunya adalah kesesuaian jurusan pilihan dengan jurusan yang ditempuh sewaktu di SMA/SMK. Bila dinyatakan lulus, maka PMB akan mengirimkan surat undangan langsung kepada siswa yang bersangkutan melalui nomor whatsapp, dan email. Keuntungan dari jalur undangan ini adalah calon mahasiswa akan mendapatkan keringanan DPP. 

“Keistimewaannya bagi yang sudah mempunyai pegangan jalur undangan, siswa sudah bisa mendaftar ke ITN Malang meski belum lulus sekolah. Tentu saja, nanti saat registrasi ulang bisa membuktikan kelulusannya dengan surat lulus dari sekolah,” imbuh dosen Teknik Lingkungan S-1 ini.

Selain jalur undangan ITN Malang juga membuka jalur prestasi, jalur kemitraan, jalur KIP – kuliah, dan masih banyak lagi. Untuk jalur prestasi siswa harus memiliki nilai rapor kelas XII rata-rata 85, dan memiliki prestasi di bidang olahraga, atau seni. “Selain jalur prestasi olahraga, dan seni ada juga jalur prestasi akademis. Misalnya karya ilmiah. Semua jalur prestasi akan mendapat potongan DPP 15 persen,” jelasnya.

Sudiro menyebut, untuk program studi (prodi), di ITN Malang ada beberapa prodi yakni Fakultas Teknik Sipil dan perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknik Industri (FTI) untuk jenjang strata satu (S1) dan Diploma III (D III) serta Prodi Pasca Sarjana (PPS).

Untuk program studi FTI ada beberapa jurusan diantaranya, Teknik Mesin S-1, Teknik Industri S-1, Teknik Elektro S-1, Teknik Kimia S-1, Teknik Informatika S-1, Bisnis Digital S-1, Teknik Listrik D-III, dan Teknik Mesin D-III .

“Sedangkan untuk program studi FTSP ada beberapa jurusan diantaranya Teknik Sipil S-1, Arsitektur S-1, Perencana Wilayah dan Kota S-1, Teknik Geodesi S-1  dan Teknik Lingkungan S-1,” pungkasnya. (rls/fsl)

Lebih baru Lebih lama