Trending

Giliran Desa Telaga Purun Dikunjungi Tim Home Care UPT Puskesmas Parsel

 

FOTO BERSAMA : Tim UPT Parsel berkujung ke Desa Telaga Purun - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Demi membantu masyarakat yang membutuhkan kesehatan, tim kesehatan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Paringin Selatan tetap semangat kunjungi warga lanjut usia di Desa Telaga Purun, Kecamatan Paringin Selatan, Senin (4/7/2022).

Ada sebanyak 8 orang lansia yang menggunakan layanan Home Care UPT Puskesmas Paringin Selatan yang mendapatkan layanan kunjungan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Kepala Desa Telaga Purun, Budiannor mengaku dengan adanya program Home Care telah membantu masyarakatnya yang tidak bisa datang ke puskesmas untuk berobat. 

“Kalau untuk Home Care ini adalah yang pertama kalinya di desa kami, tapi setiap bulan itu selalu ada layanan yang sama, misalnya posyandu lansia,” ujarnya. 

Lebih lanjut ucapnya, dengan rutin dikunjungi oleh tim kesehatan mudah-mudahan pasien kita disini bisa sembuh dan sehat kembali.

“Harapan kita tentunya pasien disini bisa sehat dan program ini terus berlanjut,” paparnya. 

Senada dengan yang disampaikan oleh Budiannor, Sugianto warga setempat berharap Home Care terus berlanjut di masyarakat. 

"Semoga layanan ini tetap ada," tuturnya.

Sementara itu, dr. Hj Rahmawati mengatakan, layanan Home Care yang dilaksanakan oleh pihaknya telah berjalan dari Februari 2022 dan hingga Juni tercatat sebanyak 78 pasien di 15 desa dan 1 kelurahan yang telah mereka kunjungi. 

“Pada bulan Mei kita ada 70 orang pasien, dan Juni pasien kita bertambah 8 orang karena mengikuti laporan bidan desa dan masyarakat,” jelasnya. 

Ia menyebut, untuk kriteria pasien kira-kira tidak jauh berbeda dengan UPT puskesmas lain yang turut menjalankan program Home Care.

Seperti pasien dengan gejala stroke, kencing manis, yang intinya mereka adalah orang yang tidak bisa langsung datang ke tempat pelayanan kesehatan," tukasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama