Trending

Gelombang Tinggi, Pengiriman Barang Tertunda

LENGANG: Suasana gudang Ekspedisi LJS, tampak sepi dari aktivitas bongkar muat - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Cuaca ekstrim yang mengakibatkan tingginya gelombang di laut berimbas pada terhambatnya kelancaran pengiriman barang melalui transportasi laut.

Hal tersebut terbukti dengan tidak adanya aktivitas bongkar muat di salah satu jasa ekspedisi Lintas Jawa di kawasan Yos Sudarso Banjarmasin Barat, Sabtu (24/12/2022). 


 "Ada sekitar 7 unit truk kita yang masih berada di Pelabuhan Merak, tertahan tidak bisa berlayar lantaran gelombang tinggi. Semuanya tidak bisa menyeberang, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan juga mengeluarkan edaran larangan berlayar," ucap Owner Lintas Jawa Group Saut Nathan Samosir.


Ia pun berharap, kondisi ini cepat pulih, untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di momen Natal dan Tahun Baru.

“Mudah-mudahan sehari dua ini sudah bisa, sehingga barang-barang yang dibutuhkan untuk kebutuhan Natal ini bisa terkirim lancar kepada semua pemilik barang dan konsumen,” harap Saut.

Padahal dalam satu bulan terakhir ini usaha ekspedisi meningkat 2 kali lipat. Jika biasanya hanya 1 fuso yang diberangkatkan ke Pulau Jawa, kini rata-rata sudah bisa 2 fuso yang pulang pergi membawa angkutan.

“Kalau kita lihat sekarang ini, sudah satu bulan terakhir, bahwa pengiriman barang ke Banjarmasin itu ada peningkatan luar biasa. Yang biasanya kita dari Jakarta itu paling 1 fuso, satu setengah, sekarang ini bisa sampai 3 fuso,” tuturnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama