Trending

Abdul Hadi Apresiasi Para Tokoh dan Lintas Agama di Hari Amal Bhakti ke- 77

WAWANCARA: Bupati Abdul Hadi saat acara - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Peran para tokoh agama sangat penting untuk menciptakan kesejukan dan kedamaian bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Balangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Balangan Abdul Hadi saat menghadiri acara peringatan Hari Amal Bhakti ke-77 Tahun 2023, yang diadakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan, Selasa (3/1/2023) di Halaman Kantor Kemenag Balangan, Paringin Selatan.

Bupati juga mengatakan Kabupaten Balangan sebagai miniatur daerah dengan beragam agama, maka perlu peran para tokoh untuk menajaga kesimbangan dalam umat beragama.

 

"Menjaga persatuan adalah hal yang harus diutamakan sehingga umat beragama bisa menjalankan ibadah dan kepercayaannya dengan damai," ujar Abdul Hadi.


Sesuai amanat dari Menteri Agama, merawat persatuan kerukunan dan kedamaian antar umat beragama adalah hal yang harus dilakukan dan dijaga tentunya untuk pembangunan Indonesia.

"Atas dasar tersebut, maka pada kesempatan ini kita berikan apresiasi berupa pemberian asuransi untuk para tokoh agama dan penyuluh lintas agama dalam membentuk karakter dan akhlak umatnya masing-masing," ungkapnya.

Ia menjelaskan pemberian apresiasi dalam bentuk asuransi tersebut premi bulanannya akan ditanggung pemda, sehingga para tokoh tidak khawatir akan hal tersebut.

"Ada jaminan kesehatan dan jiwa bagi tokoh agama di Kabupaten Balangan, jadi jangan khawatir akan biayanya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Balangan, H Saribuddin dalam sambutannya menyampaikan Hari Amal Bhakti Kemenag adalah hari lahirnya Kemenag Republik Indonesia yang diperingati pada tanggal 3 Januari setiap tahunnya.

"Moment peringatan Hari Amal Bhakti dapat turut serta mensejahterakan serta menjaga kerukunan antar umat beragama, yang sesuai dengan tema pada tahun ini yaitu "Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat" imbuhnya.

Sebagai informasin pada akhir acara, dilakukan penyematan penghargaan Satya Lancana kepada ASN di lingkungan kantor Kemenag Balangan. Penyerahan piagam penghargaan PPKB Guru Pendidikan Agama Islam, dan penyerahan piagam kepada siswa berprestasi tingkat MIN, MTsN, dan MAN serta penyerahan hadiah pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti Kemenag ke-77. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama