Trending

Camat Selat Ajak Generasi Muda Lestarikan Bela Diri Kuntau Haur Bahenda Dari Kepunahan

 

LATIHAN: Pembukaan latihan Kuntau Dayak dari perkumpulan Kuntau tradisional Haur Bahenda di Aula  Kantor Camat Selat - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Sebagai upaya menjaga seni bela diri tradisional khas dayak Kuntau Haur Bahenda dari kepunahan, Camat Selat, Yaya Setiabudi, S. Sos, MA mengajak generasi muda untuk ikut berperan melestarikannya.

Hal ini disampaikannya saat pembukaan latihan Kuntau Dayak dari perkumpulan Kuntau tradisional Haur Bahenda yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Selat, Jalan Tambun Bungai, Minggu (8/1/2023) pagi.

 

"Salah satu caranya yakni, diajarkan kepada anak-anak secara estafet terus menerus, sehingga seni dan tradisi bela diri tersebut tidak akan terkikis oleh zaman," kata Yaya.


Perlu diketahui, Kuntau Haur Bahenda merupakan atraksi para pendekar dengan berbagai jurus yang gerakannya diiringi musik dari alat tradisional seperti gendang, biasanya kuntau ini ditampilkan pada acara-acara besar.  

"Semoga dengan adanya latihan rutin, seni bela tersebut terus dapat dikenal dari generasi ke generasi selanjutnya,'" harap Yaya Setiabudi yang juga selaku pelindung seni budaya dan EKRAFPAR.

Sebagai informasi, hadir pada pembukaan latihan seni bela diri Kuntau Haur Bahenda, Lurah se-Kecamatan Selat, turut hadir, Pembina Seni Budaya dan EKRAFPAR, Erliansah, pengurus EKRAFPAR Helfrit nuah, Pelatih Kuntau Haur Bahenda, Rahmad Kartolo. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama