Trending

Tingkatkan Kesejahteraan, Dinsos Balangan Berdayakan Remaja Putus Sekolah

WAWANCARA: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan Ribowo - Foto Net


BANUATODAY.COM, PARINGIN– Dalam upaya pemberdayaan masyarakat demi meningkatkan sekaligus mensejahterakan warga, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Sosial memprogramkan pembentukan Kelompok Usaha Bersama dan pemberdayaan untuk remaja putus sekolah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan Ribowo mengatakan, pihaknya akan membantu masyarakat dalam peningkatan perekonomian dengan cara membentuk suatu kelompok usaha bersama dinaungi oleh Dinas Sosial.

“Kami akan membantu masyarakat yang memiliki produk dengan memenuhi keperluan mereka dalam menjalankan usahanya, tentu saja mereka harus mengajukan proposal terlebih dahulu kepada Dinas Sosial, dan akan kami ajukan pada anggaran berikutnya,” ujarnya, Sabtu (17/4/2021).

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pembinaan kepada Kelompok Usaha Bersama berupa edukasi dan sosialisasi bagaimana cara menjalankan usaha.

Yang tak kalah penting adalah program untuk anak-anak remaja yang putus sekolah, ini menjadi salah satu program dari Dinas Sosial dengan cara mengikutkan pelatihan ke Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) yang ada di provinsi.

Dikatakan, anak-anak terlantar dalam artian putus sekolah dan tidak bekerja harus dilakukan pembinaan agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif seperti narkoba, salah satunya diikutkan dalam pelatihan di PSBR.

“Di sana mereka akan dilatih selama 6 bulan, dan setelah pulang mereka akan mendapatkan permodalan berupa alat dari jurusan yang mereka ambil. Seperti jurusan menjahit akan mendapatkan mesin jahit,” pungkasnya.

Ia berharap, dengan adanya program-program ini akan membantu masyarakat dari segi perekonomian dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan. (fsl/net)

Lebih baru Lebih lama