Trending

KPH Balangan Bina Kelompok Tani Hutan dan PKSM

 

PENYULUHAN : KPH Balangan melaksanakan kegiatan pembinaan - Foto Dok


BANUATODAY.COM,  BALANGAN – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan melaksanakan kegiatan pmbinaan kepada forum Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) di Kabupaten Balangan.

Dalam kegiatan tersebut langsung hadir ketua dari masing-masing KTH dan PKSM yang berada di bawah binaan KPH Balangan. Selain itu kegiatan juga diikuti beberapa peserta dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). 

“Pada tahun ini terdapat beberapa PKSM baru yang berasal dari Kabupaten HSU,” ujar Nazaruddin, S. Hut, Kasi Pemanfaatan Hutan KPH Balangan, beberapa waktu lalu disela kegiatan yang berlangsung di Gazebo Taman Hijau Balangan, Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan

Nazar juga mengatakan, kegiatan ini selain sebagai kegiatan silaturahmi, juga sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Provinsi Kalsel dengan masyarakat dalam hal menyampaikan program-program kegiatan di bidang kehutanan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar kawasan hutan.

“Yang paling penting, melalui kegiatan rutin ini, bisa menjadi wadah untuk menyerap aspirasi dan permasalahan yang ada di KTH binaan, sehingga dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam menyusun  rencana kegiatan tahun berikutnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi penyuluhan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Subhan Fahrani, S. Hut yang juga turut berhadir, memberikan motivasinya agar terus semangat dalam menjalankan tugas dan kegiatan  pengembangan usaha dalam membangun ekonomi masyarakat.

Diungkapkan Fahrani, ada beberapa kegiatan fasioitasi yang rencananya dilaksanakan di tahun ini, diantaranya pelatihan dan pengembangan wawasan untuk para KTH dan PKSM melalui pelatihan pembuatan pupuk organik, perbanyakan tanaman dengan sistem okulasi dan  pembuatan label atau kemasan.

“Semoga dengan adanya kegiatan fasilitasi dari KPH Balangan ini, kedepannya dapat membantu kegiatan dan usaha yang ada di KTH wilayah kelola KPH Balangan,” tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama